Tuesday, June 3, 2008

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS PADA SMA BINAAN DI KABUPATEN KUDUS

Dra. Hj. Sutarsih, M.Ed.
Pengawas SMA Kab. Kudus

ABSTRAK : Kemampuan Guru Biologi dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Kabupaten Kudus masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman guru terhadap lima tugas pokok guru, kinerja guru rendah karena merasa tidak dikontrol dan diawasi oleh kepala sekolah, kemampuan untuk mengaplikasikan RP / RPP di kelas tidak sebanding dengan RP / RPP yang tertulis. Akhirnya, berdampak pada hasil Ujian Nasional dan Ujian Sekolah di bawah standard kriteria kelulusan. Oleh karena itu, perlu diadakan supervisi kunjungan kelas oleh supervisor agar kemampuan pengelolaan pembelajaran guru biologi di SMA Kabupaten Kudus meningkat. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran biologi, 2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk supervisi kunjungan kelas oleh supervisor terhadap kemampuan guru dan prestasi siswa dalam pengelolaan pembelajaran biologi. Subjek penelitian adalah guru-guru mata pelajaran biologi. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru biologi dalam pengelolaan pembelajaran dan prestasi sekolah setelah mengikuti pembinaan oleh supervisor. Kualitatif untuk mengetahui perubahan perilaku guru setelah mengikuti pembinaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata observasi kunjungan kelas pada siklus I = 69,29 meningkat 81,86 pada siklus II, rata-rata hasil post tes siswa pada siklus I = 69,16 menjadi 76,10 pada siklus II, data ketuntasan siswa pada siklus I dari 262 siswa; 184 siswa (70,2%) telah memenuhi KKM, 74 siswa (29,8%) belum penuhi KKM, sedang pada siklus II dari 262 siswa, 247 (94,3%) = telah memenuhi KKM, 15 siswa (5,7%) belum memenuhi KKM. Selain peningkatan kemampuan pengelolaan pembelajaran, juga diikuti perubahan sikap guru baik dari aspek perencanaan maupun pelaksanaan pengelolaan pembelajaran.

Kata Kunci :
Kemampuan guru, supervisi kunjungan kelas

No comments: