Tuesday, June 3, 2008

Studi tentang implementasi kurikulum berbasis kompetensi pd pelatihan kompetensi dasar di Pusat Pengembangan Penetaran Guru Teknologi [PPPGT] Bandung

Oleh : Rusman
Tesis Program Pasca Sarjana UPI Bandung
Pembimbing : Ishak Abdulhak dan Mukhidin

Abstrak Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah studi tentang implementasi kurikulum berbasis kompetensi dasar yang bertujuan untuk mengetahui prosdur pelaksanaan implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada pelatihan kompetensi dasar, memperoleh data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada pelatihan kompetensi dasar di PPpGT Teknologi bandung.

Teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teori-teori kurikulum dan kompetensinya seperti yang dikemukakan oleh Robert S. Zais (1976), Nasution (1982), Archasius Kaber (1988), Said Hamid Hasan (1987), Anna Rifai & Adams (1995), Oemer Hamalik (1993), Nana Syaodih Sukmadinata (1997), Teori Tentang Pendidikan, Pelatihan dan Pembelajaran dari Djudju Sudjana (1996), Paul G. Frediman (1985), Nana Sudjana & R. Ibrahim (1989).

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pengajar, peserta pelatihan, penyelengara, dan pengembang kurikulum pada pelatihan kompetensi dasar di PPPG Teknologi Bandung. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan tahapan penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, lapangan dan pelaporan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: prosedur implementasi kurikulum berbasis kompetensi adalah a). persiapan, meliputi: tinjauan terhadap rekrutmen peserta, identifikasi kebutuhan belajar dan sumber belajar, kemungkinan-kemungkinan hambatan, penjabaran materi, dan pengadaan sarana belajar; b). pelaksanaan meliputi: urutan pelaksanaan kegiatan, tinjauan terhadap bahan/materi belajar, metode dan teknik pembelajaran; c). evaluasi, meliputi: pre tes, proses dan pos tes, tinjauan terhadap hasil evaluasi dan untuk mengetahui mengetahui kompetensi yang dimiliki peserta pelatihan dengan menggunakan tes ferformance. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum berbasis kompetensi. a). faktor internal, yaitu tenaga pengajar; b). faktor ekternal adalah peserta, pnyelenggara, dan pengembang kurikulum. Jadi implementasi kurikulum berbasis kompetensi sangat dipengaruhi oleh kemampuan, pemahaman, keyakinan, pengalaman, dan penguasaan serta ketepatan dalam menentukan model, pendekatan, strategi, metode, media, sarana, teknik dan sumber belajar oleh seorang pengajar sebagai implementator.

Rekomendasi penelitian ini a). untuk pelaksanaan pelatihan dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi harus melalui perencanaan yang baik, dalam menentukan kompetensi dan sub-sub kompetensi kedalam elemen-elemen tujuan pendidikan/pelatihan hendaknya dirumuskan dengan melibatkan peserta; b). dalam KBM sebagai aktualisasi dari kurikulum berbasis kompetensi, hendaknya pengajar menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta dan terpusat pada tujuan yang hendak dicapai, serta memaksimalkan penggunaan media dan sarana belajar sesuai dengan tuntutan kompetensi yang diharapkan Implikasi. Agar memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan kualitas SDM, maka hendaknya dalam menyusun perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan, khususnya penyusunan dan perumusan kurikulum harus didasarkan pada perumusan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki dan dibutuhkan oleh siswa/peserta pelatihan.

sumber : http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0925106-145202/

No comments: