Oleh: Budiyono,* Haryono, Heri Triluqman BS
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Semarang
Abstrak: Secara
teoretik bidang kajian dan praktik teknologi pendidikan mempunyai peran
signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, hanya saja
praktik keberadaan dan implementasinya di sekolah seringkali tidak ideal.
Penelitian ini berupaya untuk menggali kendala yang terjadi dalam implementasi
teknologi pendidikan di sekolah dengan menggunakan model research and development (R & D). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas guru, faktor usia, dan kesibukan dalam memenuhi dan mengurus
tanggung jawab administratif dan pedagogik, menjadi faktor utama penyebab
implementasi teknologi pendidikan tidak ideal dan optimal di sekolah. Terutama
dalam mendesain dan membuat media pembelajaran. Beberapa hal yang diusulkan
oleh para guru untuk mengatasi problem implementasi teknologi pendidikan di
sekolah adalah memenuhi sarana dan prasarana pembelajaran, pelatihan intensif,
dan menempatkan satu posisi teknolog pendidikan yang berperan sebagai
fasilitator guru dalam menggagas, mengembangkan, mengimplementasikan, dan
mengevaluasi pembelajaran menggunakan konsep dan praktik teknologi pendidikan.
Gagasan posisi teknolog pendidikan inilah yang akan dielaborasi lebih lanjut
menjadi satu tata sistem organisasi teknologi pendidikan di sekolah. Gagasan
ini secara teoretik lebih realistis untuk diterapkan dibanding beberapa usul
lainnya. Selain itu gagasan ini juga sekaligus dapat mengatasi problem
dihapuskannya posisi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam
implementasi Kurikulum 2013.
Kata kunci: administratif,
kualitas guru, sekolah, teknologi pendidikan, TIK.
No comments:
Post a Comment